Resep: Berselera Donat Dengan Sourdough Starter Cara Bunda Krisdayanti

Resep: Berselera Donat Dengan Sourdough Starter Cara Bunda Krisdayanti

LEZAT, fresh danANTI GAGAL.

Donat Dengan Sourdough Starter Cara Bunda Krisdayanti. Starter ini adalah starter yang alami dan jika dijaga dengan baik, akan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Jika Anda menikmati makanan panggang buatan rumah yang sehat, ramah lingkungan, dan murah, cobalah sourdough ini. Contoh crusty bread yang menggunakan starter sourdough.

Donat Dengan Sourdough Starter Sourdough juga dikenal dengan istilah Levain. Sourdough mampu bertahan hingga tahunan jika dijaga dengan baik. Saya pernah beberapa kali buat donat biasa, tidak pakai kentang. Anda dapat membuat Donat Dengan Sourdough Starter menggunakan 9 resep dan 9 langkah. Inilah cara Anda membuat itu.

Resep Untuk Membuat Donat Dengan Sourdough Starter

  1. Kemudian 220 gr dari cakra.
  2. Anda membutuhkan 15 gr dari gula pasir.
  3. Kemudian 50 gr dari levain.
  4. Kemudian 105 dari susu cair dingin.
  5. Anda membutuhkan 2 dari kuning telur.
  6. Anda membutuhkan 50 gr dari margarin.
  7. Persiapkan Sejumput dari garam.
  8. Anda membutuhkan dari Gula halus utk taburan.
  9. Persiapkan dari Good feeling 😍.

Kali ini tertantang untuk coba donat kentang dengan sourdough. Kalau tidak ada sourdough starter, pakai ragi instant pun jadi dan lebih cepat. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Starter ini hanya berasal dari tepung dan air.

Cara Mebuat Donat Dengan Sourdough Starter

  1. Tuang pada wadah, tepung cakra dan gula pasir. Buat lubang di tengah lalu tuang kuning telur, susu cair, levain. Aduk rata. Istirahatkan kurleb 2 jam. Agar gluten terbentuk. (proses autolyse).
  2. Masukkan margarine dan garam. Uleni lagi. Saya dengan tangan 10 menit. Lanjut hand mixer dengan kaki spiral kecepatan sedang 20 menit. Sampai kalis elastis..
  3. Istirahatkan kurleb 1 jam atau sampai double size..
  4. Potong2 dan timbang. 35 gram. Jadi 12 pcs..
  5. Bentuk bulat dengan cara ambil tekuk ke belakang sampai rapi. Lalu istirahatkan sampai double size..
  6. Panaskan minyak cukup banyak dengan api sedang ke kecil. Kalau sudah panas, masukkan perlahan adonan. Goreng dengan api kecil..
  7. Biarkan satu sisi kuning kecoklatan, baru balik utk sisi satunya. saya agak lama menggorengnya, karena akan membuat tekstur luar krispi dan dalam tetap lembut..
  8. Jika sudah, angkat, tiriskan. Tunggu dingin. Beri taburan gula halus dll sesuai selera. siap dihidangkan dengan tambahan perasaan bahagiaaa...
  9. Selamat mencoba...

Kita memanfaatkan bakteri lactobacili yang secara alami sudah ada di tepung tersebut. Setelah starter ini jadi kita akan menggunakannya dengan cara yang mirip saat kita membuat roti dengan ragi instant. Hanya saja, jika ragi instant perlu waktu cukup satu jam saja untuk mengembang, sourdough butuh. Sourdough (Inggris) atau levain (Prancis) atau ragi liar atau biang merupakan kata untuk merujuk agen pengembang roti alamiah. Agen pengembang ini terdiri dari ragi liar dan bakteri (laktobacillus).