Cara Termudah Untuk Memasak Nikmat Cimol anti meledak anti kempes (resep by Nana Hanif) Cara Bunda Krisdayanti

Cara Termudah Untuk Memasak Nikmat Cimol anti meledak anti kempes (resep by Nana Hanif) Cara Bunda Krisdayanti

LEZAT, fresh danANTI GAGAL.

Cimol anti meledak anti kempes (resep by Nana Hanif) Cara Bunda Krisdayanti.

Cimol anti meledak anti kempes (resep by Nana Hanif) Anda dapat membuat Cimol anti meledak anti kempes (resep by Nana Hanif) menggunakan 7 resep dan 11 langkah. Inilah cara Anda membuat itu.

Resep Untuk Membuat Cimol anti meledak anti kempes (resep by Nana Hanif)

  1. Kemudian 150 gr dari tepung tapioka (saya rose brand).
  2. Kemudian 2 siung dari bawang putih ukuran sedang.
  3. Kemudian 1 1/2 sdt dari garam.
  4. Kemudian 1 1/2 sdt dari lada instan (saya pake ladaku).
  5. Persiapkan 1/2 sdt dari kaldu jamur totole (optional).
  6. Anda membutuhkan 150 ml dari air.
  7. Anda membutuhkan dari Minyak goreng untuk menggoreng.

Langkah-langkah Pembuatan Cimol anti meledak anti kempes (resep by Nana Hanif)

  1. Haluskan bawang putih dan masukkan kedalam panci kecil. Campurkan dengan air, 1/2sdt garam, 1/2sdt lada instan dan 1/2sdt kaldu jamur. Lalu rebus hingga benar-benar mendidih.
  2. Siapkan tepung tapioka dalam sebuah mangkok sayur/baskom kecil. Lalu siram sedikit demi sedikit kedalam tepung tapioka. Sisihkan tepung yang sudah terkena air mendidih, lalu lanjut menyiram tepung yang masih kering.
  3. Hentikan pemberian air, jika tepung sudah terkena air semua. Lalu sisihkan dan tunggu adonan hingga hangat.
  4. Setelah itu, lumuri tangan dengan tepung, lalu mulai ratakan adonan dengan cara ditepuk2, dipenyet2 dengan pelan hingga adonan menjadi kalis dan lembut, tapi tidak lembek, ya. (Kata mba Nana Hanif diresepnya, tidak apa2 kalo adonan masih bergrindil sedikit. Tapi saya waktu itu mulus, tidak ada grindilannya, kok).
  5. Sebelum mencetak adonan, siapkan sebuah piring/tempat untuk menampung adonan yang akan dicetak nanti. Dan jangan lupa taburi alasnya dengan tepung tapioka agar tidak menempel pada piring.
  6. Kemudian cetak adonan cimol menjadi bulat-bulat kecil atau sesuai selera. Cetak hingga adonan habis, lalu taburi atasnya dengan sedikit tapioka agar tidak saling menempel satu sama lain.
  7. Siapkan wajan dan minyak goreng dingin alias suhu ruangan. Kemudian masukan cimol mentah kedalam minyak tersebut, lalu masak dengan api yang sangat kecil sekali.
  8. Ketika cimol mulai mengembang, aduk2 terus jangan sampai berhenti, ya, kecuali cimol sudah keras. (Tandanya cimol sudah keras bagaimana? Coba benturkan beberapa cimol kesisi wajan, kalo berbunyi keras/terpental berarti sudah keras).
  9. Kenapa harus keras? Biar kalo sudah dingin, cimolnya tidak kempes lagi. Setelah keras, angkat dan tiriskan cimol. Jika masih ada cimol mentah yang tersisa, tunggu minyak menjadi dingin dulu, baru lanjutkan menggoreng sisanya.
  10. Setelah ditiriskan, masukkan cimol kedalam toples kecil, lalu campur dengan 1sdt garam dan 1sdt lada yang tersisa (sesuai selera). Tutup toplesnya, lalu goyang2 agar garam dan lada menempel dengan rata dipermukaan cimol.
  11. Setelah itu, sajikan cimol diatas piring, dan siap untuk disantap. (Sesuai selera aja sih ya topping cimol ini, kebetulan saya gak suka bumbu2 instan macem barbeque/jagung bakar dkk, jadi pake garam sama lada aja udah wuenak, kok 🤤.